Modus penipuan atas nama bea cukai

Masih nyambung sama blog post gue sebelumnya, Penipuan bermodus kiriman paket, dimana temen gue hampir kena scam karena ada orang ngaku-ngaku warga negara Inggris dan ngirimin dia paket senilai £1000 sebagai hadiah valentine’s day.

Saat itu, gue wanti-wanti temen gue kalau entar “paket”nya itu bakal nyangkut di bea cukai …… ceritanya. Dan bakal ada orang yang ngaku-ngaku petugas bea cukai, dan si temen gue ini bakal diminta ngebayar XXX rupiah demi ngelolosin “paket”nya itu.
Untuk cerita selengkapnya, silahkan klik link yang udah gue sediain di atas. Kali ini, gue cuma mau nge-share twitter thread yang belum lama ini gue temukan.

Thread ini dibuat oleh seorang anggota humas Bea Cukai Ngurah Rai. Sumbernya di sini. Di tweetnya ini, doi menggambarkan kurang lebih modus yang sama seperti yang gue katakan ke temen gue dulu itu. Tapi selain itu, dia juga berbagi mengenai beberapa modus lain yang sering digunakan penipu dan scammer.

Silahkan dibaca threadnya di bawah. Kalau penasaran dengan pengalaman orang-orang lain yang juga pernah kena scam, bisa juga dibaca reply-nya melalui sumber di atas.

Karena thread-nya puanjang, gue akhirin blog post gue di sini aja. Intinya sih gue cuma pengen berbagi informasi ini, biar semua orang makin waspada. Sekarang ini banyak banget modus penipuan … di luar menggunakan nama bea cukai, masih banyak juga modus lainnya yang mungkin akan gue ceritakan di lain waktu—termasuk juga modus lowongan kerja.
Dan meskipun kita udah denger di berita beberapa jaringan penipu memang pernah ketangkep, sebagian besar penipuan, apalagi yang sifatnya internasional, itu jarang banget ketangkep. Meskipun ketangkep pun, duit lo yang udah lenyap itu engga akan kembali lagi.

Jadi mohon hati-hati banget dengan segala iming-imingan. If it seems too good to be true, then it probably is.

SS01

*

SS02

Advertisements

6 thoughts on “Modus penipuan atas nama bea cukai

  1. Kebanyakan cewe deh yang kena scam begini yaaa 😀 .. di bilang I love you langsung klepek klepek, padahal ketemu langsung aja belum pernah. Mungkin para korbannya ga kepikiran cari info di google kali ya, modus begini sdh lebih dari 5 tahunan masih aja banyak kena.

    Liked by 1 person

    1. Aku suka nonton dokumenter tentang ini… scammer-scammernya pada pinter nge-grooming calon korbannya. Banyak ternyata yang masih belum pernah denger tentang modus scammer, dan yang udah tau pun, kadang denialnya tingkat tinggi. Aku pernah nonton episode dimana bahkan si korban penipuan ini masih belum percaya bahwa dia sedang di-scam, meskipun semua bukti-bukti udah ditata rapih di depan mata dia sendiri.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.