Modus penipuan atas nama bea cukai

Masih nyambung sama blog post gue sebelumnya, Penipuan bermodus kiriman paket, dimana temen gue hampir kena scam karena ada orang ngaku-ngaku warga negara Inggris dan ngirimin dia paket senilai £1000 sebagai hadiah valentine’s day.

Saat itu, gue wanti-wanti temen gue kalau entar “paket”nya itu bakal nyangkut di bea cukai …… ceritanya. Dan bakal ada orang yang ngaku-ngaku petugas bea cukai, dan si temen gue ini bakal diminta ngebayar XXX rupiah demi ngelolosin “paket”nya itu.
Untuk cerita selengkapnya, silahkan klik link yang udah gue sediain di atas. Kali ini, gue cuma mau nge-share twitter thread yang belum lama ini gue temukan.

Thread ini dibuat oleh seorang anggota humas Bea Cukai Ngurah Rai. Sumbernya di sini. Di tweetnya ini, doi menggambarkan kurang lebih modus yang sama seperti yang gue katakan ke temen gue dulu itu. Tapi selain itu, dia juga berbagi mengenai beberapa modus lain yang sering digunakan penipu dan scammer.

Silahkan dibaca threadnya di bawah. Kalau penasaran dengan pengalaman orang-orang lain yang juga pernah kena scam, bisa juga dibaca reply-nya melalui sumber di atas.

Karena thread-nya puanjang, gue akhirin blog post gue di sini aja. Intinya sih gue cuma pengen berbagi informasi ini, biar semua orang makin waspada. Sekarang ini banyak banget modus penipuan … di luar menggunakan nama bea cukai, masih banyak juga modus lainnya yang mungkin akan gue ceritakan di lain waktu—termasuk juga modus lowongan kerja.
Dan meskipun kita udah denger di berita beberapa jaringan penipu memang pernah ketangkep, sebagian besar penipuan, apalagi yang sifatnya internasional, itu jarang banget ketangkep. Meskipun ketangkep pun, duit lo yang udah lenyap itu engga akan kembali lagi.

Jadi mohon hati-hati banget dengan segala iming-imingan. If it seems too good to be true, then it probably is.

SS01

*

SS02

11 respons untuk ‘Modus penipuan atas nama bea cukai

  1. Kebanyakan cewe deh yang kena scam begini yaaa 😀 .. di bilang I love you langsung klepek klepek, padahal ketemu langsung aja belum pernah. Mungkin para korbannya ga kepikiran cari info di google kali ya, modus begini sdh lebih dari 5 tahunan masih aja banyak kena.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Aku suka nonton dokumenter tentang ini… scammer-scammernya pada pinter nge-grooming calon korbannya. Banyak ternyata yang masih belum pernah denger tentang modus scammer, dan yang udah tau pun, kadang denialnya tingkat tinggi. Aku pernah nonton episode dimana bahkan si korban penipuan ini masih belum percaya bahwa dia sedang di-scam, meskipun semua bukti-bukti udah ditata rapih di depan mata dia sendiri.

      Suka

  2. OH SHIT.
    Lagi ngalamin kayak gini, googling, dan nemu blog mba ini. Makasih banget. Jadi si cowo UK ini ngirimin aku barang, dan yang katanya pihak kurir sininya, bilang barang sudah di Indonesia, namun barang tersebut overweight. Jadi aku harus bayar sekitar 16jt rupiah :”( si cowo bule ini dari tadi tanyain terus untuk bayar, aku jujur bilang, ga punya duit segitu. Kata dia, gapapa bayar separuhnya dulu aja katanya. Aku bingung harus apa. Dari dua blogpost yang mba tulis tentang ini, bener2 persis bgtbgt sama kejadian ku skrg. Bedanya ini minta uangnya katanya dr pihak kurir di Indonesianya, bukan dr bea cukai. Kayak gini bisa lapor ga ya ke bea cukai? Untuk menanyakan pastinya 😦

    Suka

  3. Saya juga sama ngalamin hal seperti ini. Saya kenal seseorang dari fb Dan berlanjut chat via WhatsApp. Ceritanya dia mau ngirimin saya hadiah berupa iphone 11. Awalnya saya tidak mau ngasih alamat tapi pada akhirnya saya ngasih alamat saya. Kemudian besoknya saya dapat pesan WhatsApp Yang bilang kalo saya dapat koriman dari luar Negri Dan harus membayar sejumlah uang. Saya takut kalo-kalo saya akan didatangi petugas gadungan.
    Terus saya mau tanya soal temanmu Yang juga ketipu, apakah dia didatangi orang Yang mengaku sebagai kurir ataw petugas bea cukai?
    Terimakasih sebelumnya

    Suka

  4. Saya baru baru ini kena scam juga dari sala seorang luar negeri ngaku inggin kirimi saya paket dengan jumlah uang besar. Saya juga kasih alamata dan identitas lengkap saya di Timor Leste. entah kenapa sampe saya disuruh kirim uang untuk bayar pajak beacukai di bandara indonesia jika telat mka akan ketahuan dan saya akan langar hukum dengan paket. Ini masih jadi penasaran sampe sekarang dengan jumlah uang begitu besar. Nama perusahaan pengirim itu TMT DELIVERY SERVICE dan agen bernama Doctor Chriss. Dia agen sampe mengancam saya bilang kalau barang dibiarkan lama maka saya akan kena masalah atas paket uang yang tertera atas nama saya. Saya minta bantuan agar bantu melacak ya Perusahaan bernama TMT DELIVERY SERVICE Ini legal atau ilegal karena paket kiriman itu dari Syria dan orang pengirim itu seorang Tentara US yang bertugas di Syria dan terlanjur saya juga percaya dan sampe agen Doctor Chriss tiba di indonesia saya disuruh bayar ke Beacukai Indonesia dengan jumlah $700. Apa yang mesti saya lakukan dengan jumlah uang $700 itu jika tidak dikirim dia mengancam bilang saya hati hati jika barang itu ditaruh lama maka mereka akan membongkar dan saya akan terkena masalah besar dalam hal pengiriman uang ilegal. Apakah paket uang itu bisa di scaning da dilacak di bandara atau tidak. Tolong beri saran dan masukan agar saya dengan hati hati mengurus ini semua

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.