Sindrom kemiskinan

To be absolutely honest, gue engga terlalu suka jalan-jalan. Jalan-jalan dalam arti ke luar negeri atau ke luar kota. Aneh, ya? Salah satu sebabnya adalah karena gue engga suka segala kerempongan seputar vacation. Gue engga suka meninggalkan rumah (untuk waktu yang lama) dalam keadaan kotor—jadi sebelum dan sesudah vacation gue harus bersih-bersih tuntas dulu semuanya.… Read More Sindrom kemiskinan

Cara bebas ujian inburgering ONA Belanda 2020

Hai semua, kali ini gue mau berbagi informasi dan tips dari seorang teman yang belakangan dapet vrijstelling alias exemption atau pembebasan dari ujian ONA Belanda. Bagaimana cara meminta vrijstelling agar tidak perlu mengikuti ujian ONA? Apa saja persyaratannya? Apakah permohonan gue akan disetujui atau tidak? Berikut adalah tips-tips untuk memudahkan kalian. Bagi yang belum mengetahui,… Read More Cara bebas ujian inburgering ONA Belanda 2020

Merasa hebat karena pernah tinggal di luar negeri

banner image source: unsplash Aaaaaaagh kenapa ya kalau nulis blog post, isinya musti misuh-misuh doang?? Maaf ya kalau suka bikin ikutan nyinyir. Biasa lah manusia . . . cenderung pengalaman negatif yang paling berkesan dan ingin dibagi. Makanya ulasan buku, produk, sinema, dsb. lebih banyak bersifat ulasan negatif daripada ulasan positif. #alesan /self-promo/ tapi kalo… Read More Merasa hebat karena pernah tinggal di luar negeri

Manja-manja engga usah banyak gaya

banner image source: unsplash Bagi yang tinggal di luar negeri, terutama para pelajar yang sedang mencari ilmu di negara lain, pastinya pernah ketemu (atau bahkan berteman) dengan pelajar lainnya yang, erm, mungkin membuat kalian bertanya-tanya: “How the f*ck does this person survive on his own?” Berbeda dengan turis atau perantau yang mungkin hanya belum terbiasa… Read More Manja-manja engga usah banyak gaya

Etika bertanya, DM, atau memberi komentar di blog

Hi all, semoga kalian semua baik-baik saja. Udah lama engga update blog, ya? Belakangan gue engga ada mood ataupun energi buat nulis. Pulang kerja boro-boro buka laptop, pengennya santai doang ha ha. Tapi walau gitu, gue tetep memantau dan membalas komentar yang masuk melalui aplikasi wordpress di ha-pe … dan terus terang, itu cukup menyita… Read More Etika bertanya, DM, atau memberi komentar di blog

Kenapa dan dari mana stereotip itu muncul?

I really hate stereotypes. Mau itu stereotip tentang perempuan Asia, stereotip tentang laki-laki kulit hitam, stereotip mengenai orang-orang Eropa . . . bagi gue, bukan hanya masalah ofensif atau engga, tapi masalahnya muncul apabila kita membaca, mempelajari, bahkan menyebarluaskan informasi tentang berbagai macam stereotip kelompok-kelompok tertentu, tanpa memahami peringatan-peringatan atau caveat yang merekat pada konsep… Read More Kenapa dan dari mana stereotip itu muncul?

Ketika teman lo (berusaha) nikung lo di depan mata sendiri

Edisi curcol kali ini adalah lanjutan dari cerita gue dulu, saat berlibur bareng Mawar, Dahlia, dan Lorel. Kalau belum baca bagian pertama (atau kalau sudah lupa ceritanya), mungkin bisa ditengok dulu awal cerita bagaimana gue membuat temen gue nangis-nangis bombai hingga akhirnya meminta pelukan dari gebetan gue saat itu.Itu mah belum seberapa. Segitu doang belum… Read More Ketika teman lo (berusaha) nikung lo di depan mata sendiri

Haruskah kita selalu membela sesama warga negara?

Renungan ini muncul akibat drama gapenting yg terjadi di suatu grup perkumpulan Indonesia pada suatu platform media sosial. Kejadiannya sebenarnya udah lama banget, dan bahkan gue pun awalnya juga engga tahu apa-apa. Gue engga aktif dalam grup-grup sosial media, whatsapp, dkk; bahkan ngebaca pun engga pernah. Ibaratnya, daftar nama doang.Hanya, beberapa saat yang lalu, saat… Read More Haruskah kita selalu membela sesama warga negara?