Merasa hebat karena pernah tinggal di luar negeri

banner image source: unsplash

Aaaaaaagh kenapa ya kalau nulis blog post, isinya musti misuh-misuh doang?? Maaf ya kalau suka bikin ikutan nyinyir. Biasa lah manusia . . . cenderung pengalaman negatif yang paling berkesan dan ingin dibagi. Makanya ulasan buku, produk, sinema, dsb. lebih banyak bersifat ulasan negatif daripada ulasan positif. #alesan

/self-promo/ tapi kalo pengen konten yang 99% positif dan 1% sindiran sarkas tentang scammer dan ketololan-ketololan lain di internet, mending follow di instagram aja, deh. Jamin isinya lebih adem. /end self-promo/

Tapi janji post ini engga panjang-panjang amat kok.

Cuma ingin meluapkan kekesalan aja.

I honestly get it. Kalau kita balik lagi ke Indonesia setelah bertaun-taun tinggal di luar negeri, pasti ada perasaan senang-campur-sedih. Bahkan dalam kasus gue duluuu banget saat pulang ke Indonesia di usia 17/18 tahun, adanya sedih doang. Engga ada senengnya blas. Karena memang seumur-umur tinggalnya di luar negeri dan engga tau apa-apa (ataupun siapa-siapa) di Indonesia.

Jadi bagi para perantau yang baru balik lagi ke Indonesia, gue bisa simpati kalau mereka sedih atau bahkan sampe depresi karena ninggalin semua temannya, pekerjaannya, kehidupannya di negara sana. Pasti ada juga kalanya kita membandingkan keadaan di Indonesia dengan keadaan kita dulu di luar negeri. Gue dulu juga, kok.
Misalnya, gue sering misuh-misuh ke temen gue karena kalau kita mau nyebrang jalan, bahkan di zebra crossing sekalipun, engga ada pengemudi kendaraan yang mau berhenti. Gue jamin gue juga pernah ngasi perbandingan, kalau di UK/Australia/US/Europe, itu pengendara mobil pasti udah berhenti dulu untuk memberi jalan.

Tapi gue bukan kemudian menuduh pengemudi Indonesia goblok, engga bisa nyetir, dsb., atau jadi memuja pengendara di luar negeri seolah-olah mereka semua perfect dan engga ada kebiasaan atau perilaku yang menjengkelkan juga.
Pernah engga diusilin anak-anak muda yang baru belajar naek mobil di Indonesia? Hampir engga pernah kan? Waktu tinggal di luar negeri dulu, jangan ditanya lagi. Dari pengalaman horor—diikutin mobil pelan-pelan dari belakang pas lagi sendirian; pengalaman mengganggu—orang manggil-manggil dari dalem mobil sambil komen-komen yang engga senonoh; hingga pengalaman bangsat—orang yang sengaja dengan ban mobil nyemprotin air hujan yang menggenang pas gue lagi jalan; perilaku pengendara yang menjengkelkan juga masih banyak, cuma beda aja bentuknya.

Justru komplen gue cenderung jadi penyetus diskusi dengan temen gue mengenai kenapa sih kok di Indonesia bisa begitu—misalnya, karena untuk dapet SIM, hampir semua orang cuma nembak aja; engga perlu repot-repot les nyetir, ujian, dsb. jadi tata-krama berkendaraan itu engga diajarin. Kemudian berujung ke diskusi tentang birokrasi, korupsi, dsb. Engga murni untuk ngebandingin Indonesia jelek -vs- Luar Negeri bagus.

Jadi gue frustrasi aja dengan orang-orang yang, mohon maaf, pengalamannya udah belum seberapa, tapi pulang-pulang seolah dia udah mendapatkan spiritual enlightenment tingkat Buddha aja, dan tiba-tiba Indonesia udah engga banget lah buat dia.

Ada juga manusia yang baru pertama kali ke luar negeri (dan itupun baru negara tetangga doang), baru tinggal di luar negeri cuma selama satu-dua bulan aja, ehhh balik ke Indonesia udah belagu aja. Posting status-status seperti:


Jakarta fucking sucks, everything so fucked up, I wanna go back to Singapore.


Padahal jumlah daerah/kota yang pernah dikunjungin juga masih bisa dihitung pakek satu tangan. Ke Jakarta juga engga nyampe lima kali. Engga usah banyak ngomong kayak tau seluk-beluk tinggal di Jakarta vs tinggal di Singapur.

Don’t get me wrong. Gue juga benci Jakarta kok! (Well, “benci” is a strong word. Katakan aja gue sebisa mungkin engga pengen tinggal dan kerja di Jakarta.)
Gue engga suka dengan traffic-nya, jalannya yang njlimet muter-muter, budaya kerjanya yang kayaknya bikin tingkat bunuh diri ngelonjak naek, harganya yang serba mehong demi kualitas yang gak seberapa, isinya yang mall-mall doang, polusi, banyaknya restoran/bar/club/etc. yang bule-worshipping banget . . . dan sebagainya.
Tapi sadar diri dikit! Emangnya masalah itu cuma di Jakarta doang? Kayak negara tetangga udah sempurna aja. Mau balik ke Singapur? Kayak lo tau segala sesuatu tentang Singapur aja setelah sebulan ndekem di apartemen di sono. Kulit gosong kayak etnis kite-kite ini bisa jadi bahan bully-an dan stigma banyak orang, ngerti gak lo? Kayak lo bisa bertahan hidup aja disana kalo lo engga dinafkahin laki lo. Kzl.

Atau pasang instastory saat lagi jalan sepanjang pinggiran jalan kecil, siang-siang bolong, sambil curhat:


I never feel safe in my country. Everytime I walk, always boys whistle at me or offer ride on their motorbike. Different like Singapore I can walk peaceful even at night time.


Semua quote di atas gue comot langsung dari sumbernya, lengkap dengan kesalahan gramatikanya.

Entah itu pamer terselubung berapa derajat. Mau ngaku sok kecakepan di-siulin tiap kali kalo jalan, atau mau pamer kalau doi udah pernah tinggal (sebulan) di Singapur?

Baru disiulin aja udah engga ngrasa aman. Helloooo, apa kabar korban G30S/PKI dulu yak? #NoPoliticalDebatePlz

Gue juga engga suka budaya cat-calling, tapi tolong ya sampe bilang engga ngerasa aman di negara lo! Kayak di negara laen kagak ada yang namanya cat-caller aja. YAMUNGKIN karena ke-katrok-an lo keliatan di luar negeri, kagak ada orang Singapur yang rela nyiulin elo disana.

Anyway sweetheart, you’re not the only person in Indonesia who has to deal with cat-callers. Tau solusinya apa? DIEMIN AJA, BEGOK, ENTAR JUGA BOSEN SENDIRI.
Kalau emang beneran, genuine, ngerasa “gak aman” (dan bukan sok kecentilan-hiperbolis doang), bawa pepper-spray! Belajar bela diri! Aktif dikit di kalangan aktivis yang berusaha ningkatin kesadaran masyarakat tentang bahayanya toxic masculinity!

Etapi lu pada dasarnya cuma keganjenan banyak omong doang sih.

Malah tetep suka jalan nglewatin mas-mas nongkrong, sambil bikin instastory, ngomong keras-keras pake Bahasa Inggris yang acak-adul itu (siapa sih target penonton lo? Prasaan followers instagram lo kagak ada yg berbahasa Inggris), lha ya bukannya mencerminkan orang “ketakutan”, malah mancing-mancing perhatian itu namanya?

Boleh kok ngritik negara sendiri. Memang ada banyak hal yang masih bisa diperbaiki di Indonesia. Boleh juga lo ngasi perbandingan dengan negara laen, tapi konteksnya juga harus tepat. Lha, ni anak, perbandingan dan komplennya sama sekali engga ada hikmah ataupun kritik intelektual sedikitpun.

Baru satu-dua bulan “tinggal” di Singapur aja udah kayak gitu nyinyirnya tentang Indo. Pakabar kalau dia sampe bertaun-taun tinggal di luar negeri??


Wow, so different back to Indonesia after I experience Singapore. Trashy city with trashy girls lol


Tolong ya, princess, baru sebulan doang udah sok reverse-culture shock gitu? Try-hard banget sih lo.

ENGGA SALAH SIH bagian buang sampah sembarangannya! Indonesia memang masih perlu meningkatkan kebersihan umumnya. Tapi ya caranya itu dek! Gue gasuka orang yang ngritik atau menjatuhkan sesuatu, tapi juga diem-diem sambil (berusaha) ningkatin pamornya dia sendiri. Apalagi orang yang demen njatuhin (orang-)orang laen demi ningkatin dirinya sendiri.

Kek lo kagak trashy aja.

Asal lo tau, ini adalah orang yang sama dengan si cewek yang lebai di sosmed, ngepost-ngepost foto lakinya telanjang di ranjang, bekas kondom di kamar tidur, dll. seperti pernah aku tulis sebelumnya. Jadi dia ngatain perempuan-perempuan lain trashy itu sesuatuuu banget. Sama kayak Donal Trompet ngatain AOC begok.

Di akhiran blog post yang gue link di atas itu, gue sempet nulis begini:


Jangan heran, karena kira-kira sebulan setelah gue post tulisan itu, si mba di-ghost oleh si Mas Bule yang gue ceritain dulu.
Sampe berbulan-bulan isi sosmednya si mba bervariasi dari postingan yang marah-marah, hingga postingan yang mengkhawatirkan. Alhamdulillah tapi dia tahu-tahu udah nikah aja dengan bule lain, meski beda usianya nyampe 30 tahun.

Kayaknya sukak banget ya gue nulis tentang anak ini?

Well, selain memang bagus dijadikan sumber topik blog post, jujur memang agak personal sih. Karena suatu kelakuan dia terhadap temen gue (dan akhirnya berujung ke gue), maybe that’s why gue tambah kritis dan judgemental terhadap segala sesuatu yang dia lakuin di sosmed. Tapi males ngebahas itu di sini karena puanjang bener dan drama gak mutu, mungkin gue ceritain di lain hari kalau cukup ada yang pengen tahu.

Masih banyak lagi post-post dia yang menghina Indonesia sambil mendewakan Singapur. Kalau cuma sekali-dua kali orang posting kebelaguan gapenting, gue engga bakal nulis blog beginian. Ya namanya euforia setelah ke luar negeri yaaa, biarkan lah anak yang udik seumur hidup buat pamer dikit di sosmed. Etapi ini literally setiap hari sejak balik ke Indo isi sosmednya sampah bertema “I belong in Singapore” doang, jadilah nyinyirrr gue.

Hikmah dari blog post ini sebenernya hanyalah satu: Mari kita semua sadar diri dan engga usah belagu.

Baca juga: Tinggal di luar negeri tapi mental tetep endon

9 respons untuk ‘Merasa hebat karena pernah tinggal di luar negeri

  1. Gk usah yang udah pulang ke Indonesia, yang masih di LN aja juga banyak yg sok hebat mba. Kl aku perhatikan sih kebanyakan yg masih muda banget dan pengalaman ke LN nya gk banyak, jadi spt mba Mae bilang, mungkin dia kena euforia jadi hilang daratan.

    Suka

  2. Kl saya biasanya cengar cengir kl ada yg gitu. Biasanya cuma bentar tinggal di LN nya. Lg cinta2nya hrs pulang. Jadi isinya fase bulan madu semua blm ngerasain fase paitnya ….😁 Mrk ga sadar kena reverse culture shock, bukannya ingin disembuhin tp mlh pilih dilestarikan krn nggak mempersiapkan diri utk balik…bnyk org yg merasa imun padahal ya kena…

    Suka

  3. Ga bisa komen banyak ttg topik ini Mae. Belum pernah pulang sama sekali ke Indonesia selama 5 tahun. Jadi ga ngerti gimana rasanya nanti pas pulang. Tapi dalam bayanganku, ya seburuk2nya negara sendiri, tetaplah itu negara tempat dilahirkan dan dibesarkan. Ga perlulah sampai dijelek2kan sedemikian rupa apalagi kalau dikit2 dibandingin sama negara tinggal sekarang. Indonesia banyak kurangnya, tapi ya masa ga ada baiknya sama sekali sih jadinya setelah tinggal di LN ya kan. Kalau aku pribadi, seburuk2nya Indonesia, tetaplah selalu dengan bangga kalau aku berasal dari Indonesia.
    Dulu pas masih visa turis ke Belanda selama 2 minggu, balik ke Sby ya biasa2 aja aku tuh. Ga yg dikit2 bandingin dgn Belanda. Cuma memang beda banget kualitas udara. Selebihnya ya, biasa aja. Ga yg kayak kaget semua2 dari Indonesia mendadak jadi buruk rupa. Mudah2an kita ga lupa dir i ya, begitu merantau lalu Indonesia jadi nampak jelek aja. Semoga ga gitu.

    Suka

  4. Aku kenal mahasiswa S2 LPDP kayak gini Mae. Cuma dia blm balik ke Indo, nyinyirnya selama masih kuliah di LN, jelek-jelekin kampus dia dulu di Indo, bandingin fasilitas, cara pengajaran, dsb. Temen kita pernah ada yang kesal banget gara-gara itu sampai akhirnya nyletuk “Kamu dulu di Indonesia kuliahnya di kampus abal-abal akreditasi C ya? Kampus gue dulu sih samsek gak seperti yg kamu komplenin.”

    Suka

  5. Hahaha, sumpah ngakak banget baca postingan ini, ternyata perempuan yang dimaksud di sini pernah jadi bahan postingan sebelumnya. And no need to say sorry, Mae. Gue demen banget baca postingan misuh-misuh orang/temen-temen gue di socmed tentang perilaku seseorang, soalnya bisa jadi pembelajaran juga buat gue, bahwa ketika lo mengunggah sesuatu ke dalam socmed, sebaiknya tidaklah berlebihan. Stay healthy dimana pun berada, Mae!

    Cheers.

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.