Cara apply visa tanpa agen

Akhirnya gue memutuskan untuk membuat blog ini karena udah sering ditanyain teman dan saudara tentang cara apply visa ini-itu. Saking capeknya ngulang jawaban, ya udah gue tulis aja sekalian. Semoga bisa membantu.

Oya, berhubung ini blog dan bukan skripsi atau makalah akademis atau sejenisnya, maka jangan kaget kalau tulisan gue engga baku atau ngikut EYD yak. Kalau ada yang merasa terganggu atau IQ menurun karenanya, yah maap deh. Tapi masih banyak kok blog dan artikel lain yang ngupas bahasan yang sama.

Gue udah cukup sering apply visa buat ke luar negeri … bukan maksud sombong, tapi cuma buat nunjukin kalau bahkan gue, seorang Mae, yang hidup pas-pasan, otak juga kagak jenius-jenius amat (ha), dengan segala kesibukan dari kuliah-kerja-keluarga, masih bisa kok ngurusin visa sendiri tanpa ngeluarin duit sepeserpun buat jasa agen.

Karena jenis pekerjaan gue, gue juga sedikit punya insider knowledge tentang proses aplikasi visa beberapa macam negara, jadi semoga bisa dijadikan tambahan pengetahuan.

Note: gue bukan visa agent, dan tentunya tidak ada garansi kalau permohonan visa lo bakal disetujuin, meskipun lo udah ngikut semua prosedur plek.

Oke, yang bakal gue share adalah pengalaman gue bikin:

  1. Short Stay schengen visa (tanpa sponsor) / Perancis
  2. Short Stay schengen visa (dengan sponsor) / Belanda
  3. Visitor visa Australia
  4. Business visa Inggris
  5. Partner visa Inggris

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.