Visa schengen Perancis 2017 / kunjungan singkat tanpa sponsor

Kalau masih ada yang belum tau Schengen itu apa, intinya sih, kalau kita mau pergi ke salah satu negara yang masuk ke dalam wilayah/perjanjian schengen, maka sebelumnya kita harus apply buat visa schengen. Daftar negara yang termasuk didalamnya dapat dilihat di sini.

Tiap negara schengen punya prosedur yang sedikit berbeda untuk permohonan visanya, meskipun persyaratan dan formulirnya sama. Jadi mohon cermati di situs kedutaan negara yang bersangkutan. Yang ini gue sharing pengalaman gue bikin visa schengen melalui negara Perancis.

Jujur, gue pertama bikin visa ini sudah bertahun-tahun yang lalu, semasa gue masih anak kuliahan. Prosedurnya sekarang sudah sedikit berbeda, tapi dari segi paperwork gue perhatiin sih masih sama.

Yang paling beda menurut gue adalah sekarang kita engga bisa lagi apply lewat kedutaannya langsung. Sekarang, semua application diajukan melalui TLS Contact (kecuali situ pemegang paspor diplomatik).


VISA KUNJUNGAN SINGKAT TANPA SPONSOR

                .
Dokumen-dokumen yang perlu disiapkan:

Formulir. Selalu download langsung dari website resmi, biar formulirnya paling terkini. Download dari TLS Contact. Atau, bisa juga langsung registrasi di situs TLS Contact, dan setelah mengisi data pribadi, formulirnya akan terisi secara otomatis dan lo tinggal download kemudian cetak.
Penjelasan seputar pengisian formulir bisa dilihat di sini.
.

  • 2x Pas foto. Seukuran 3.5 x 4.5 cm, latar berwarna putih, dan diambil tidak lebih lama dari 6 bulan terakhir.
          .     
  • Tiket pulang-pergi. Cukup booking/reservasi aja kalau takut hangus.
          .   
  • Asuransi perjalanan. Polis asli dan 1x fotokopi. Polis harus bernilai paling sedikit EUR 30,000 dan menanggung keseluruhan jadwal perjalanan.
    Selain itu, polis juga harus menanggung: biaya penanganan medis gawat darurat, biaya rumah sakit gawat darurat, dan repatriasi/evakuasi medis. Polis harus mengcover seluruh daerah schengen.
    Informasi seputar asuransi perjalanan bisa dilihat di bawah.
          .
  • Reservasi hotel. Harus mengcover keseluruhan perjalanan dari lo tiba di negara tujuan (Perancis) hingga lo balik ke Indonesia.
      .
  • Koran bank. Minimal untuk tiga bulan terakhir.
    Banyak yang bilang jumlah saldo minimal harus x atau y. Sebenarnya engga ada patokan keras, tapi yang penting bisa nunjukin kalo elo engga bakal mati kelaparan atau jadi gelandangan di sono … jadi kurang lebih hitungannya adalah elo selama liburan punya EUR 30 – 50 per hari di rekening lo.
            .    
  • Paspor. Asli beserta fotokopi semua halaman paspor yang berisi data pribadi (rangkap 2).
    Paspor harus berlaku untuk minimal 3 bulan setelah visa yang diajukan (contoh: kalau minta visa untuk 01-01-2017 – 10-01-2017, maka paspor minimal berlaku sampai 10-04-2017). Pastikan masih ada minimal dua halaman kosong untuk visa.
        .     
  • Paspor lama. Kalau ada paspor-paspor lama, dibawa yang asli beserta fotokopi semua halaman yang berisi data pribadi (rangkap 2).
          .
  • Kalau elo mahasiswa, Surat keterangan kuliah. Bawa surat asli beserta 1x fotokopi.
          .
  • Kalau elo udah kerja, Surat keterangan kerja. Isi suratnya harus menyertakan: nama lengkap lo, tanggal mulai kerja, gaji per bulan, pernyataan telah memberi izin untuk cuti/libur, serta siapa yang akan menanggung biaya elo selama liburan.
    Selain itu, pastikan suratnya juga ada: alamat, no. telepon, dan cap perusahaan, beserta tanda tangan, nama, dan jabatan penulis surat.
          .
  • Slip gaji 3 bulan terakhir. Kalau berdasarkan pengalaman gue, ini engga wajib, apalagi kalau udah nyiapin rekening koran. Tapi kalau lo gampang-gampang aja ngedapetin cetakan slip gaji dari HRD lo, ya engga ada salahnya nyertain juga.

.

kalau ada yang mau konsultasi seputar visa ke gue, silahkan baca caranya di sini

.

Penting diingat!

  1. Kalau di antara dokumen-dokumen di atas ada yang bukan dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Perancis, elo perlu nerjemahin dulu semuanya, either ke dalam Bahasa Inggris atau ke dalam Bahasa Perancis.
    Menurut halaman TLS Contact sih terjemahan harus menggunakan penerjemah resmi / sworn translator.
    Tapi sekedar sharing, dari pengalaman gue, pas gue udah mau mengajukan permohonan visa ke visa application centre, justru gue pernah disuruh menerjemahkan sendiri salah satu dokumen ke dalam Bahasa Inggris. Bedanya itu waktu gue apply visa schengen melalui Belanda, jadi gue engga bisa guarantee Perancis juga bakal sama.
    Kalau mau amannya sih, pastikan semua dokumen original dari awal emang disiapinnya dalam Bahasa Inggris. Kalau engga, ya pakai saja penerjemah resmi.
    .
  2. Permohonan visa schengen hanya bisa diajukan paling cepat tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan.

.
Prosedur pengajuan visa:

  • Registerasi langsung dengan TLS Contact di sini. Setelah mengisi e-mail dan membuat password, akan ada link konfirmasi yang dikirim ke e-mail lo tadi. Jadi langsung aja check e-mail dan klik linknya itu.
  • Isi data pribadi dan jangan lupa diperiksa kembali. Isi formulir ini kurang lebih sama seperti formulir permohonan visa. Setelah yakin semua informasi benar, langsung klik “done” kemudian jangan lupa di-validate. Ohya, kalau elo travelling bersama keluarga/kelompok, itu harus di-registerasi barengan loh, jadi jangan validate sebelum semua anggota kelompok sudah disertakan sebagai applicant.
  • Setelah selesai validasi, akan muncul pilihan tanggal dan waktu untuk menyerahkan berkas-berkas ke TLS Contact. Tinggal pilih jadwal yang sesuai, konfirmasi appointmentnya akan dikirim dan jangan lupa di-print dan bawa saat datang ke TLS Contact sebagai bukti appointment.
  • Jangan lupa bawa uang untuk visa fee PLUS service fee, karena akan dibayar saat appointment. Daftar biaya visa beserta service fee-nya dapat dilihat di sini.

.
Dokumen-dokumen yang tidak wajib alias rempong:
Banyak banget visa agent ataupun kenalan-kenalan yang pada ngewanti-wanti, perlu bukti ini, perlu bawa itu … sebenernya engga masalah, karena mending ada tapi ga dibutuhin daripada engga ada tapi ternyata butuh … iya kan?

Tapi daripada elo stress dan gagal berangkat cuman gara-gara engga punya dokumen asli di bawah, keep in mind ini cuma dokumen-dokumen tambahan; misalnya sebagai pelengkap kalau misalnya bukti-bukti ente yang lain dianggap kurang kuat.

Satu lagi. Meskipun elu engga menyertakan suatu dokumen yang ternyata dibutuhkan, atau misalkan ternyata pihak visa officer memerlukan dokumen tambahan untuk mendukung permohonan visa elo, biasanya elu akan dihubungi melalui e-mail dan diberi waktu beberapa hari untuk mengirimkan dokumen tambahannya.
Tentunya ini engga berlaku kalau dokumen yang kelupaan itu bersifat fatal, misalnya formulir atau paspor (yakali application lo diterima kalo pasporpun kagak ada) -_-

– buku tabungan asli
– akte kelahiran (kecuali kalo elo dibawah 18 tahun)
– kartu keluarga (kecuali kalo elo ngunjungin keluarga, disponsori keluarga, dan/atau berangkat barengan keluarga) (kecuali juga kalau elo apply visa schengen lewat negara tertentu, seperti Spanyol — yang, entah kenapa, visa application centre-nya mengharuskan elo menyertakan Kartu Keluarga.)
.
.
Catatan mengenai agen asuransi:
Kalau apply visa lewat Perancis, ada daftar agen asuransi yang terpercaya lho … bisa dilihat di sini.

Selama ini gue selalu menggunakan AXA karena gampang banget beli online pakai kartu kredit, dan sampai sejauh ini sih belum pernah ada masalah.

Mungkin segitu informasinya sudah cukup … kalau ada pertanyaan gue usahakan menjawab sebisa mungkin.

Good luck!

2 respons untuk ‘Visa schengen Perancis 2017 / kunjungan singkat tanpa sponsor

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.