Ujian inburgering A2 di Belanda 2018

Lanjutan dari proses pindahan dari Indonesia ke Belanda. Bahasan kali ini adalah untuk kalian-kalian yang sudah dapet MVV dan posisinya udah berada di Belanda.

Kalau belum dapet MVV, baca dulu Pengalaman bikin MVV Belanda, atau kalau posisinya udah dapet MVV dan baru mulai pindahan, baca juga Cara mengurus kartu residen dan BSN serta tes TB di Belanda.

Kalau kalian baru mau ambil ujian basisexamen tingkat A1 (sebagai persyaratan mengajukan permohonan MVV), baca aja pengalaman Mba Geraldine tentang ujiannya di Kedutaan Belanda di Jakarta.

Kalau semua di atas udah kelar, sekarang kita bisa fokus pada persyaratan visa berikutnya: Ujian integrasi tingkat A2.
Inget, kita diberi waktu 3 tahun (terhitung semenjak kedatangan kita di Belanda) untuk ngelarin urusan ini. Sebenernya, kita bisa milih; ambil Staatsexamen NT2 (baik program I maupun program II), atau ambil inburgeringsexamen A2.

Bedanya? A2 lebih gampang. Tapi kalau lo mau lanjut kuliah atau kerja, dan kuliah/kantornya dalam Bahasa Belanda, beberapa universitas dan kantor mensyaratkan calon pelajar/pegawainya untuk lulus ujian NT2.

Tapi kali ini gue mau nerangin cara ikut ujian A2 aja. Gue sih mikirnya, cuma untuk ngelarin urusan persyaratan visa. Kalau besok-besok ternyata perlu ambil ujian NT2 untuk kerja dan/atau kuliah, ya baru gue pusingin. Yang penting sekarang gimana caranya biar engga didepak keluar Belanda duluan, ya gak?

Topik dalam blog post hari ini adalah:
– Materi ujiannya apa saja
– Cara daftar untuk dan melihat hasil ujian
– Proses ujian
– Materi belajar
.


1. Ujian integrasi / inburgering A2 itu ngapain aja?

Ada enam materi:

  • KNS: Knowledge of Dutch Society / Kennis van de Nederlandse Samenleving
    Yaitu pengetahuan umum mengenai kehidupan di Belanda. Ini menyangkut berbagai hal, dari sejarah Belanda, keadaan politik, kebiasaan-kebiasaan sosial, hingga cara membayar tagihan listrik.
    Biaya: €40
    Durasi ujian: 45 menit
    Jumlah soal: sekitar 40 soal
    Syarat kelulusan: minimal 26 soal benar
    .
  • Listening / Luisteren
    Yaitu kita mendengarkan suatu cuplikan skenario, dan menjawab pertanyaan seputar skenario tersebut.
    Biaya: €50
    Durasi ujian: 45 menit
    Jumlah soal: sekitar 25 soal
    Syarat kelulusan: minimal sekitar 20 soal benar
    .
  • Reading / Lezen
    Yaitu kita membaca suatu teks, dan menjawab pertanyaan seputar teks tersebut.
    Biaya: €50
    Durasi ujian: 65 menit
    Jumlah soal: sekitar 25 soal
    Syarat kelulusan: minimal sekitar 20 soal benar
    .
  • Writing / Schrijven
    Kita akan diberikan beberapa soal, misalnya mengisi formulir, menulis e-mail atau surat, sesuai dengan suatu skenario yang ditentukan. Ada juga bagian dimana ada beberapa kalimat yang belum lengkap, dan kita harus melengkapinya. Mulai Mei 2018 ada juga bagian dimana kita harus menulis sesuatu mengenai diri kita sendiri. Mulai akhir tahun 2018, bagian melengkapi kalimat akan dihilangkan.
    Biaya: 
    €50
    Durasi ujian: 40 menit
    Jumlah soal:
    Syarat kelulusan: ujian ini akan dinilai oleh seorang dosen.
    .
  • Speaking / Spreken
    Kita akan menonton video singkat (sekitar 15 detik per video), kemudian kita harus menjawab pertanyaan dalam video tersebut (maksimal 15 detik per jawaban).
    Di bagian kedua, kita menonton video singkat dan memilih jawaban yang benar.
    Biaya: €60
    Durasi ujian: 35 menit
    Jumlah soal: sekitar 25 soal
    Syarat kelulusan: bagian pertama dalam ujian ini akan dinilai oleh seorang dosen.
    .
  • Orientation on the Dutch Labour Market / Oriëntatie op de Nederlandse Arbeidsmarkt (ONA)
    Ini yang paling susah menurut gue. Ujian ini adalah seputar pengetahuan mengenai cara mendapatkan pekerjaan di Belanda. Dalam ujian ini, kita harus membuat suatu portfolio.
    Portfolio ini adalah kumpulan halaman-halaman yang disebut result cards resultaatkaarten. Jadi, ada beberapa pertanyaan dalam kartu-kartu ini yang harus kita jawab (atau semacam tugas yang perlu kita kerjakan). Misalnya tugas dimana kita harus mengisi semacam CV. Selain itu, ada juga bagian penyetaraan diploma/ijazah yang kita miliki dari Indonesia. Keuntungannya ikut ujian ONA ini, adalah penyetaraan ijazah kita jadi gratis.
    Selain itu, ada juga bagian dimana kita harus mencari sejumlah lowongan pekerjaan (yang nyata, bukan fiktif!) dan membuat aplikasi untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut.
    Setelah portfolio tersebut sudah lengkap, kita harus mengirimnya ke DUO. Kemudian, akan ada wawancara dengan 2 petugas DUO. Wawancara ini berlangsung selama 40 menit.
    Kalau kita memilih untuk tidak melakukan wawancara, maka kita harus mengikuti kursus ONA dengan total kursus 64 jam di suatu lembaga yang diakui.
    Isunya sih mulai 1 Mei 2018 kemaren, kalau kita sudah bekerja di Belanda, bisa jadi kita engga perlu ikut ujian ONA ini (tergantung jenis pekerjaan kita apa dan untuk kantor apa dulu) … tapi ini masih sangat tidak jelas. Mending hubungi langsung DUO kalau ada pertanyaan tentang ini.
    Biaya: €40
    Syarat kelulusan:
     portfolio akan dinilai oleh petugas DUO, serta harus lulus wawancara atau mengikuti 64 jam kursus ONA.
    .
  • Participation statement / participatieverklaring
    Kalau ONA paling susah, yang ini paling mudah. Engga termasuk ujian A2 sih itungannya, tapi semenjak Oktober 2017, kita sekarang juga harus membuat deklarasi ini.
    Setibanya di Belanda dan setelah segala macam registerasi diri udah kelar, kita akan menerima surat dari gemeente yang memberi tahu cara menandatangani deklarasi ini. Biasanya sih cukup dengan membuat appointment ke gemeente, dan menandatanganinya di tempat, tapi dengar-dengar, tiap daerah punya prosedur/ketentuan yang berbeda, seperti harus mengikuti suatu kelas sebelumnya, dsb.
    Ingat! Deklarasi ini harus kita tandatangani maksimal dalam waktu 1 tahun sejak kedatangan kita di Belanda.

.


2. Gimana caranya daftar untuk ujian?

Jadi, semua ujian dilakukan dengan DUO. Yang pertama harus lo punya adalah akun DigiD. Ini bisa memakan waktu seminggu, jadi saran gue sih secepat mungkin daftar buat akun DigiD, walaupun elo belom niat ambil ujian.
Anyway, DigiD ini diperlukan untuk buanyaaak banget macem hal, terutama yang berhubungan dengan urusan kepemerintahan, kuliah, dan kerja.

.

MEMBUAT AKUN DIGID 

Apply buat akun DigiD langsung di sini.
Sebelumnya, elo udah harus punya BSN dan nomor HP.

Isi semua dengan gambar (*). Dalam langkah pertama, ini adalah BSN, tanggal lahir, kode pos, dan alamat rumah.

Tahap/halaman kedua berisi fitur SMS-controle, atau kita akan mendapatkan SMS dengan kode otentikasi tiap kali kita mau log-in ke dalam akun DigiD kita. Sebenarnya fitur ini adalah fitur pilihan, tapi untuk log-in ke DUO, fitur ini harus kita aktifkan, jadi mau engga mau, centanglah fitur SMS-controle ini.

Di tahap/halaman ketiga, kita harus mengisi detail lanjutan, yaitu membuat username dan password, serta mengisi nomor HP dan alamat e-mail kita.

Setelah nge-klik “volgende”, kita akan mendapatkan kode melalui SMS. Ketik kode tersebut di dalam kotak “SMS code”, kemudian klik lagi “volgende”. Berikutnya, kita akan mendapatkan kode lagi yang dikirim ke e-mail kita. Masukkan kode itu ke dalam kotak “E-mail code” dan klik lagi “volgende”.

Nah, sekarang tinggal nunggu. Dalam waktu lima hari kerja, kita akan menerima surat yang berisi kode aktivasi akun DigiD kita.
Setelah menerima surat tersebut, langsung pergi ke halaman aktivasi DigiD di sini.
Kita harus aktivasi satu-satu; jadi, aktivasi akun DigiD dulu, (centang pada menu “Uw DigiD”), dan masukan username dan password lo. Saat ditanya kode aktivasinya, silahkan masukan kode aktivasi untuk akun DigiD.
Setelah itu baru bisa kita aktivasi “De SMS-controle” dengan cara yang sama (tentunya dengan kode yang sesuai).

Dalam situasi gue, gue harus menunggu dua minggu–karena gue harus membuat akun DigiD dulu, baru setelah itu baru gue bisa apply buat ngaktifin fitur SMS-controle; jadi harus nunggu surat aktivasi dikirim 2x. Kayaknya sih harusnya kalian bisa langsung bikin akun DigiD, barengan dengan request fitur SMS-controle.

.

LOG-IN KE INBURGEREN.NL

Setelah kelar bikin dan mengaktifkan akun DigiD beserta fitur SMS-controlenya, barus lo bisa log-in ke akun inburgeren.nl buat daftar ujian. Silahkan buka situsnya di sini.

Klik “Inloggen mijn inburgering” kemudian pada halaman yang muncul, centang pilihan “Ik wil inloggen met een controle via sms”. Ikuti petunjuk yang ada. Setelah menerima kode SMS, masukkan kodenya ke dalam kolom yang tersedia.

Setelah itu, baru kita bisa masuk ke MIJN EXAMENS >>> AANMELDEN.

Di bawah kolom “Welk examen wilt u doen?” akan tersedia daftar ujian yang belum elu selesaikan (atau belum lulus). Pilih ujian yang mana saja yang mau lo ikuti, baru klik pada tombol “verder” untuk ke halaman berikutnya.

Pilihlah lokasi ujian yang sesuai.

Inget, segera daftar ujian secepat mungkin, karena seriiiing banget kita akan kehabisan jadwal. Apa lagi pada musim-musim liburan, atau kalau nyarinya jadwal ujian pas hari Sabtu/Minggu.

Setelah memilih lokasi ujian, baru kita bisa pilih tanggal ujian, waktu ujian, kemudian melakukan konfirmasi serta lanjut ke halaman pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan online, jadi kalau udah punya online banking, serius cara daftar ujian gampang banget.

Udah, deh. Setelah kelar bayar, kita tinggal nunggu surat dari DUO yang akan dikirim seminggu sebelum tanggal ujian lo.

.

DAFTAR UNTUK UJIAN ONA

Khusus untuk ujian ONA aja, cara ikut ujian ini adalah: masuk dulu ke “mijn inburgering” seperti dijelaskan di atas.

Kemudian masuk ke MIJN EXAMENS >>> ORIËNTATIE NEDERLANDSE ARBEIDSMARKT

Klik pada link “Klik hier om de digitale resultaatkaarten te openen” untuk mengisi resultaatkaarten sebagaimana gue jelaskan di bagian pertama.

Setelah portfolio selesai, baru kita bisa mengirim portfolio tersebut (beserta beberapa lampiran yang diminta) melalui akun inburgering elo. Kalau engga mau ngirim online, bisa juga elo kirim melalui pos.

Baru setelah itu ada dua pilihan:

  • WAWANCARA
    Pilihan untuk appointment wawancara, saat wawancara elo akan ditanyakan seputar portfolio elo itu. Ini biasanya kalian baru dihubungi setelah DUO selesai meriksa portfolio kalian dan dinyatakan siap untuk bagian wawancara.
  • KURSUS ONA
    Kalau elo engga mau ikut wawancara, maka elo harus ikut kursus pada lembaga yang diakui. Pada akun Mijn Inburgering lo, pilihlah opsi “64 uur cursus”. Lembaga kursus elo ini akan mengisi formulir “Verklaring deelname cursus ONA” sebagai bukti elo udah selesai kursus 64 jam itu. Nah, formulir ini harus lo kirim ke DUO melalui pos. Lihat alamat pengiriman di sini.
    Nanti hasil ujian lo akan keluar setelah DUO menerima formulir ini. Inget, pilihan ini hanya tersedia kalau elo ngirim portfolio lo secara online.

.

MELIHAT HASIL UJIAN

Kalau elo udah menyelesaikan ujian, hasilnya bisa dilihat di akun inburgeren.nl elo juga. Caranya sama seperti di atas: log in ke inburgeren.nl dengan akun DigiD lo, baru masuk ke MIJN EXAMENS >>> BEKIJKEN.

Semua ujian yang hasilnya udah keluar akan muncul di situ. Cuma memang yang ditulis hanya “geslaagd” (lulus) atau “gezakt” (tidak lulus), sedangkan nilai pastinya tidak tertera. Nilai ini akan diberi tahu melalui surat yang menyusul.

Hasil ujian lezen, luisteren, dan KNS keluarnya cepet banget. Dalam kasus gue, ujian hari Jum’at, hari Senin udah bisa dilihat di akun inburgeren.nl. Cuma, ujian lainnya keluarnya jauh lebih lama karena engga dinilai menggunakan komputer.

Kalau udah lulus semua ujian, entar DUO akan ngirim surat ke elo untuk cara dan lokasi pengambilan diploma elo.

.


3. Proses ujiannya sendiri bagaimana?

Khusus untuk ujian lezen, spreken, schrijven, luisteren, dan KNM … ujian ini dilakukan di suatu ruangan kecil bersama beberapa peserta lainnya.

Ingat, lo udah harus ada di lokasi ujian 30 menit sebelum jadwal ujian lo. Bawa surat yang dikirim oleh DUO, beserta kartu residen Belanda lo.

Nanti lo akan menunggu di ruang tunggu. Sebelum ujian mulai, semua barang-barang lo (kecuali surat dari DUO dan kartu residen) harus lo simpen di dalam loker yang tersedia.
Setelah dipanggil ujian, barulah lo masuk ke ruang ujian, dan tinggal mengikuti perintah yang diterangkan oleh pegawai DUO.

Kalau elo udah selesai sebelum waktunya habis, lo bisa angkat tangan dan nunggu petugasnya dateng ke meja lo. Setelah mereka selesai meriksa meja lo, baru lo bisa keluar lebih awal.

.


4. Belajar buat ujiannya dimana saja?

Jawaban paling mudah: google!

Banyak banget kok, tempat-tempat yang menyediakan les Bahasa Belanda … dari les bahasa, hingga les khusus untuk persiapan inburgeringexamen. Jadi kalau mau ikut les, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan (dan budget) elo. Ohiya, elo juga bisa minjem dana dari DUO untuk ikut les demi persiapan ujian integrasi.

Kalau lebih milih untuk belajar sendiri, ada banyak juga situs yang menyediakan soal-soal latihan secara cuma-cuma. Tentunya di bawah ini hanya beberapa saja contoh situs:

Luisteren
Situs inburgeren.nl
Situs Lingua Incognita
Situs nt2taalmenu

Lezen
Situs inburgeren.nl
Situs AdAppel
Situs Lingua Incognita
Situs nt2taalmenu

Schrijven
Situs inburgeren.nl
Situs AdAppel
Situs Lingua Incognita
Situs nt2taalmenu

Spreken
Situs inburgeren.nl
Situs AdAppel
Situs Lingua Incognita
Situs nt2taalmenu

KNS
Situs inburgeren.nl
Situs Lingua Incognita
Situs nt2taalmenu

ONA
Situs AdAppel
Situs Lingua Incognita

… daaaan masih banyak banget lainnya. Langsung google aja sendiri: spreekvaardigheid A2 oefentoets, atau kata kunci sejenisnya.

.


Jadi kurang-lebih seperti itulah proses ngambil ujian integrasi di Belanda. Kalau ada pertanyaan lainnya, as always, the comment box is open and free to use 😉

Semoga berhasil!

Advertisements

19 thoughts on “Ujian inburgering A2 di Belanda 2018

  1. Mae, ujian2 ini kamu sudah melakukan semua? Termasuk ONA? Karena keterangan tentang ONA yang kamu tuliskan di sini ada perbedaan dengan ONA yang baru kukirimkan sebulan lalu.
    Aku udah selesai ujian B1 plus KNM tahun 2016. Kalau ONA saking malesnya sampai baru mau untuk mengerjakan dan ngirim sebulan lalu. Sebenarnya ONA menurutku diantara ujian2 lainnya itu lebih gampang. Cuma isi formulir2 dan pertanyaannya juga ga susah2 banget. Cuma lebih ruwet, makanya bikin males ngerjain buatku.

    Like

      1. Mae yang kamu maksud A1 atau A2 ya? Kalau A1 kan yang di Jakarta. Kalau ONA kan bagian dari inburgeringsexamen di sini. Ada beberapa perbedaan tentang ONA yang kamu tulis di atas dengan yang aku lakukan bulan lalu. Makanya aku nanya itu yang kamu tuliskan berdasarkan pengalamanku kirim ONA atau darimana sumbernya? Kalau berdasarkan pengalamanmu, itu bulan apa? Karena dari website inburgering.nl juga sudah ada info terbaru. Nanti aku tuliskan beberapa perbedaannya ya dan informasi terbaru tentang ONA. Aku musti ngadep laptop dulu kalau nulis dari Hp suka pusing kepala.

        Like

      2. Ohiya maksudku A2. Iya itu pengalamanku sendiri + dengan dipandu dari tempat les bahasa yang termasuk dalam daftar institusi yang diakui DUO untuk ambil les ONA sebagai pengganti wawancara. Kelarnya udah agak lama sih, tapi yang jelas setelah Mei (tanggal adanya beberapa perubahan dalam ujian ONA).

        Like

  2. Hai mbak Mae, mau nanya dong, apakah mbak tahu kalau ujian2 ini ada tanggal “kadaluwarsa” nya atau enggak? Aku pemegang permit kennismigrant, tapi karena 1.5 tahun lagi aku mau mengajukan PR, jadi aku pikir mau ambil tesnya dari sekarang aja. Takutnya kalau aku ambil sekarang, pas apply PR ternyata ujiannya udah ga berlaku lagi, atau takutnya kalau ujiannya nanti2, peraturannya berubah. Terima kasih sebelumnya atas jawaban mbak.

    Like

    1. Setauku ini yang A2 sih engga pake expired mba…
      setelah semua lulus kan dapet integration diploma itu dari DUO, setauku kalau mau naturalisasi entar yg diperlukan diplomanya itu..

      Like

      1. Ah begitu. Jadi kalau gitu aku lebih baik cicil2 ujian dari sekarang ya, daripada nanti keburu buru. Terima kasih mbak atas jawabannya udah mau bantu.

        Like

  3. Halo mba Mae. Aku lg ngurus MVV, tapi udah curious bgt soal ujian A2, pusing rasanya bayanginnya..
    Kalo kursus 64 jam yg utk ONA, biayanya berapa ya?

    Like

    1. Mungkin beda-beda tergantung tempat lesnya. Biasanya sih ada ujian intake dulu, untuk mengetahui tingkat masing-masing peserta les dan biaya disesuaikan berdasarkan hasil intake tes.

      Like

  4. Aku ga bisa reply langsung di bawah komenmu. Aku tulis di sini aja ya. Ada beberapa yang aku mau tanggapi
    1. Pernyataan ini “Isunya sih mulai 1 Mei 2018 kemaren, kalau kita sudah bekerja di Belanda, bisa jadi kita engga perlu ikut ujian ONA ini (tergantung jenis pekerjaan kita apa dan untuk kantor apa dulu) … tapi ini masih sangat tidak jelas. Mending hubungi langsung DUO kalau ada pertanyaan tentang ini” —-> Tersebut di website inburgeren.nl seperti ini “Werkt u?
    Er komt misschien ook een nieuwe regel voor inburgeraars die werken. Als de regel doorgaat, hoeft u geen examen ONA meer te doen als u werkt. Het is nog niet zeker dat deze regel er komt. Maar DUO denkt dat de regel in 2019 ingaat. Wacht hier niet op. U moet doorgaan met inburgeren.” Jadi kemungkinan tentang orang2 yang bekerja tidak akan mengikuti ONA, masih pada tahun 2019, bukan 2018. Itupun masih kemungkinan yang kepastiannya sendiri DUO ga bisa memutuskan. Tahun 2020 akan ada 5 peraturan terbaru. Bisa dibaca di sini https://www.nrc.nl/nieuws/2018/07/02/vijf-veranderingen-waardoor-de-inburgering-nu-wel-moet-slagen-a1608649 salah satunya level ujian meningkat dari A2 menjadi B1. Itupun disesuaikan dengan latar belakang inburgerar (misalnya bisa baca tulis atau nggak pada saat datang ke Belanda).

    2. Berdasarkan pengalamanku mengirim ONA pertengahan Juni kemaren, aku memilih untuk wawancara karena memang tidak mengikuti kursus ONA secara khusus karena pada tahun 2015 saat aku kursus B1, belum ada pilihan khusus kursus ONA. Nah kalau pilihannya wawancara, maka portofolio akan terkirim secara digital. Tidak bisa dikirim melalui pos. Kalau mengirimkan melalui pos, itu jika kita tidak bisa mengakses akun DigiD lalu menuliskan secara manual (dengan tulisan tangan) formulir yang dicetak terlebih dahulu. Jadi setelah memilih untuk wawancara, lalu kita kirim portofolio secara digital, lalu kita membayar, selesai tinggal tunggu konfirmasi lanjutan dari DUO. Kalau kirim secara pos beda lagi prosesnya. Kirim berkas lewat pos, DUO akan kirimkan ke kita kemudian biaya yang harus kita bayar, lalu kita bayar dan mengirimkan buktinya pada DUO, lalu DUO resmi mulai memeriksa berkas kita dan kita menunggu kapan jadwal wawancara. Untuk sekarang, waktu tunggu yang normalnya hanya 6 minggu bertambah menjadi 19 minggu.

    Itu saja beberapa hal yang ingin aku tanggapi. Selamat ya Mae kamu sudah lulus semua. Cepat juga ya kamu sudah ujian semua.

    Like

    1. Iya mba, yang pertama itu memang baru isu saja. Dari tahun 2017 sebelum aku pindah aku juga udah sering denger isunya akan diberlakukan mulai Mei 2018, tapi kalau ternyata diundur ya engga heran sih. Tahun 2019 pun nanti kalau ternyata diundur lagi juga bisa-bisa aja, makanya aku selalu sarankan untuk hubungi DUO langsung.

      Ohh kalau yang ONA itu bedanya cuma di masalah pengiriman via pos atau engga ya? Menurutku pengalaman mba engga beda sih sama yang aku tulis di atas (selain masalah kalau milih wawancara boleh/engga ngirim portfolio lewat pos).

      Justru setauku malah kebalikannya lho mba; kalau ikut kursus ONA 64 jam, portfolionya harus dikirim melalui akun inburgeren. Aku bilang gini soalnya di penjelasan dari inburgeren.nl sendiri, menyatakan kalau orang udah kebacut ngirim portfolio via pos tapi kemudian milih untuk ikut kursus 64 jam, dia harus ngirim ulang portfolionya secara digital di akun inburgeren. (Maksudnya mba akun DigiD itu akun DigiD inburgeren kan? Karena akun DigiD bisa dipake log-in di banyak banget situs..)
      Nah, cuma seperti aku tulis di atas, nanti kalau udah selesai kursus 64 jam, formulir “Verklaring deelname cursus ONA” nya yang harus dikirim via pos.

      Nah yang aku engga yakin itu yang mba bilang ternyata kalau mau ikut wawancara juga engga boleh ngirim lewat pos.
      Karena pas les ku itu, sebagian besar peserta les lainnya adalah orang-orang yang gagal di bagian wawancara, dan banyak di antara mereka itu (pas ujian pertama) pada ngirim portfolio lewat pos.
      Cuma ya, masalah hanya boleh ngirim via pos kalau engga punya akun DigiD itu yang aku engga tau, karena aku kemaren engga nanyain pada punya akun engga sih ha ha. Di situs inburgeren.nl juga aku engga berhasil nemu ketentuan-ketentuan yang berlaku.

      Kalau masalah pembayaran jadi beda memang benar. Tentunya pembayaran yang dari akun inburgeren itu cuma kalau pendaftaran dan pengiriman portfolio dilakukan online juga lewat akun inburgeren. Memang aku di atas engga nyebut sih cara pembayaran ujian ONA ha ha, menurutku straight forward aja sih jadi engga perlu dijabarkan di atas.

      Like

  5. Mba mau tanya ya soal A2, untuk masing2 ujian apakah harus diambil dalam 1 waktu atau bisa dicicil mba?Misal mau ambil spreken dulu atau KNS dulu gitu mba hehe..
    Makasih sebelumnya.

    Like

    1. Halo mba, iya boleh. Seperti yang aku tulis di bawah “cara daftar untuk ujian”, waktu daftar untuk ujian bisa dipilih yang mana aja ujiannya yang mau diambil. Engga harus langsung ambil semuanya.

      Like

  6. Hallo Mbak, salam kenal sebelumnya, dan selamat ya sudah lulus semuanya. Lega ya pastinya.
    Aku mau tanya soal ONA, jadi kalau aku gak salah tangkap, mbak ambil ONA yg kursus 64 jam ya ? Yang tidak perlu eindgesprek kan ya ? Pertanyaanku, jadi kalau ikut kursus ONA 64 jam itu, yg dinilai itu hanya portofolionya saja, dikirim ke DUO ( plus verklaring dari lembaga yg menyelenggarakan kursus ONA 64 jam ) ?

    Like

    1. Halo mba… aku engga tahu apakah “cuma” itu yang dinilai, karena selama kursus kita juga diberikan beberapa tugas/”assignment”. Aku pikir sih assignment-assignment ini juga ngaruh ke kita dinyatakan lulus/engga. Yang jelas yang dikirim ke DUO nya hanya portfolio dan verklaringnya.

      Tapi ada juga beberapa tempat kursus yang menyediakan les untuk persiapan dan pengechekan portfolio saja (jadi tetap ikut wawancara dengan DUO nantinya). Biasanya ini cuma 20-40 jam kursus. Jadi mending ditanyakan langsung ke tempat les ybs.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.